Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 05 Februari 2016

Kemitraan

Posted by SMKN 1 Cileungsi On 08.12.00 No comments
Berikut ini adalah Kemitraan SMK Negeri 1 Cileungsi dengan beberapa perusahaan sesuai dengan bidang keahlian di SMK Negeri 1 Cileungsi Kabupaten Bogor, Kemitraan sangat penting bagi seluruh SMK Kabupaten Bogor, termasuk SMK Negeri 1 Cileungsi. Dengan kemitraan diberbagai bidang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing akan berdampak pada peningkatan kualitas lulusan SMK Negeri 1 Cileungsi.
Kemitraan yang telah dibangun akan terus dijaga dan dikembangkan, sehingga akan bermanfaat bagi kemajuan SMK Negeri 1 Cileungsi, Kabupaten Bogor - Jawa Barat.
Kemitraan yang ada seperti pada tabel dibawah adalah sebagian dan akan terus dikembangkan pada industri-industri lain yang terkait dengan bidang Keahlian dari SMK Negeri 1 Cileungsi.
Kemitraan (kerjasama) sekolah (SMK) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) sangat mendukung peningkatan mutu lulusan SMK Negeri 1 Cileungsi sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilih siswa guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Dunia Usaha dan Industri. Manajemen kemitraan (kerjasama) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Praktik Kerja Industri (Prakerin) sesuai dengan prosedur yang berlaku guna membekali siswa dengan kompetensi keahlian sesuai dengan tuntutan standar kerja Nasional Sekolah (SMK) telah mengupayakan peningkatan kemitraan (kerjasama) sekolah dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri dengan melibatkan seluruh komponen yang terkait dengan proses pembelajaran baik intern sekolah maupun instansi diluar sekolah yang terkait dan menyalurkan serta menempatkan tenaga kerja sesuai dengan bidangnya.
Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa pengolahan Prakerin sudah berjalan dengan baik, namun belum maksimal dalam memberdayakan Komite Sekolah, Organisasi profesi, dan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) sesuai dengan MOU yang telah disepakati oleh sekolah dan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri). Berdasarkan pada kesimpulan tersebut maka dapat dirumuskan saran-saran sebagai berikut :
SMK melalui Tim Kerja Prakerin hendaknya memberdayakan stake holders dalam penyusunan program, perencanaan, dan penilaian prakerin. Sekolah perlu meningkatkan kemampuan profesional tenaga kependidikan dengan penataran, studi lanjutan, magang di DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) dan mendatangkan tenaga ahli dari DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) untuk membina dan melatih siswa, serta melaksanakan workshop terpadu antara sekolah dengan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) yang difasilitasi oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) bekerjasama dengan departemen yang terkait. Selain itu SMK perlu meningkatkan upaya pemasaran dengan memanfaatkan Komite Sekolah, Bursa Kerja Sekolah, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pariwisata Kota maupun Provinsi agar terjadi keselarasan antara kebutuhan tenaga kerja dengan lulusan yang dihasilkan oleh SMK.
Demikian tentang khususnya sebagai salah satu SMK bisa dari
SMK Kabupaten Bogor dan bagian dari SMK Jawa Barat pada umumnya.


No
Nama Perusahaan
1
PT. BUKAKA TEKNIK UTAMA, Tbk
2
PT. VOKSEL ELECTRIC, Tbk
3
PT. CIDAS SUPRA METALINDO
4
PT. KERAMIK INDONESIA ASOSIASI (KIA)
5
PT. WIKA INDUSTRI DAN KONSTRUKSI
6
PT. SUZUKI INDOMOBIL MOTOR
7
PT. PELINDO
8
NISSAN CIBUBUR
9
PT. TATA MULIA NUSANTARA INDAH
10
PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA
11
PT. HAENG NAM
12
PT. NOVEL
13
PT. IDOLA SAKTI JAYA
14
PT. ARHAPRO SOLUSI PRIMA
15
PT. ASPEK KUMBONG
16
PT. LEKJ
17
PT. METROPOLITAN BAYU INDUSTRI
18
PT. BUKAKA FORGING INDUSTRIES
19
PT. TELKOM PENGENDALI SATELIT UTAMA

0 komentar:

Posting Komentar

Site search